Tags

, , ,

Pernah denger pecak lele ? Mungkin bagi tiap orang sudah sering mendengarnya, tapi pernah ngga mendengar Pecak belut ? Ya, belut dibikin pecak. Dengan diracik pake bumbu yang sedemikian rupa ditambah dengan jeruk nipis, belut goreng yg diracik bumbu “rahasia”, jadilah Pecak Belut “Mbah Ribut”.

Dari sejarahnya pecak belut, mungkin Pecak belut Mbah Ribut yg pertama ada. Dan mungkin satu2nya pada saat itu. Sekarang ini sudah banyak sekali warung2 yang menyediakan menu pecak belut.

Pecak belut Mbah Ribut sudah ada sejak aku kecil. Rasanya enak “banyak sikile kuning, krasa enak balik maning“. Itulah peribahasa brebesan yang pantas bagi pecak belut Mbah Ribut ini. Enak sekali jika disantap pake nasi panas/hangat yg masih kemebul.

Rasanya pengen sekali makan pake pecak belut. Mungkin kalo pulang kampung, akan mampir & makan pecak belut.

Oh iya, lokasinya berada di Desa Cigedog, Kersana, Brebes. Tanya tukang becak, sopir, kenek, tukang ojeg, anak sekolah, pak polisi, pak camat, pak guru…semua pasi tahu.

Pecak belut merambah Tegal

Dari hasil penelusuran & browsing di om google, ternyata pecak belut sudah merambah kota Tegal. Sungguh diluar dugaan (apa gw yg kurang informasi ya…)

http://www.suaramerdeka.com/harian/0606/03/pan02.htm